Thenet Blog

Blog berbagi opini dan catatan bermanfaat dari bloger amatir

Cara Hidup Sehat, Mudah Diterapkan dan Efektif Jaga Kesehatan

Cara Hidup Sehat, Mudah Diterapkan dan Efektif Jaga Kesehatan - Tubuh sehat dan jauh dari penyakit, jadi keinginan setiap orang. Dengan tubuh yang sehat, segala aktivitas fisik harian dapat dilalui tanpa khawatir.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, memang butuh komitmen. Apalagi, semakin banyak godaan kurang sehat. Misalnya makanan cepat saji yang nikmat, sampah berserakan di mana-mana dan kondisi udara yang tidak baik. Semua faktor tersebut berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Baca Juga : Halodoc Konsultasi Dokter

Sebelum semakin memburuk, menjaga kesehatan bisa dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan menjaga pola hidup sehat. Ditambah dengan olahraga rutin, menjaga kebersihan dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

Untuk lebih jelasnya, coba Sahabat Dream praktikkan 12 cara hidup sehat berikut ini secara rutin, konsisten, dan lihat perubahan yang terjadi.

Dari sekian banyak cara hidup sehat, hal terpenting adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tidak hanya sebagai sumber energi, tubuh membutuhkan berbagai nutrisi penting. Nutrisi tersebut nantinya akan diproses untuk kepentingan tubuh.

1. Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Godaan yang paling besar untuk mengupayakan hidup sehat adalah makanan cepat saji yang menggoda dan lezat. Ada banyak jenis makanan cepat saji yang kini jadi idola setiap orang, tak hanya enak, makanan cepat saji mengandung nilai ekonomis.

Makanan seperti burger dan pizza mungkin bisa dibilang ada sayurnya, tapi, cara pengolahannya membuatnya jadi kurang sehat bila dikonsumsi berlebih http://www.celtras.uniport.edu.ng/profile/areaseoku/.

2. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah, makanan alami dari tumbuhan yang menyimpan banyak nutrisi baik, seperti protein, vitamin, kalsium dan banyak lagi lainnya. Cara hidup sehat yang paling mudah dilakukan ialah dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur.

3. Kurangi Makan Berlebih

Selain mengurangi konsumsi makanan cepat saji, makan dengan porsi berlebihan dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan, ada batas kemampuan organ pencernaan manusia. Apabila batas ini dilewati, maka pencernaan akan mengalami masalah.

Apabila tetap dibiarkan saja, bukan tak mungkin kalau pencernaan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Usahakan untuk menjaga porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

4. Kurangi Konsumsi Gula dan Garam Tambahan

Tanpa gula dan garam, masakan bisa jadi hambar. Dua bumbu utama dalam memasak ini memang memegang peran penting soal rasa. Tapi ingat, dua bumbu utama ini bagai pisau bermata dua http://www.snachina.com/snachina/space-uid-29485.html. Di satu sisi mampu mencipta rasa nikmat, di sisi lain bisa membuat kesehatan tubuh menurun. Apalagi kalau dikonsumsi berlebihan, diabetes hingga kanker risikonya.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Lebih dari 90 persen bagian tubuh manusia adalah air. Pedoman ini sangat penting untuk menerapkan cara hidup sehat. Konsumsi air putih yang cukup, akan membuat kebutuhan air dipenuh terpenuhi, sehingga masalah dehidrasi bisa dikurangi.

6. Hindari Alkohol

Kandungan alkohol dalam minuman akan menyebabkan kerusakan di berbagai bagian tubuh, mulai dari hati hingga otak. Bila terjadi kerusakan di dalam tubuh, bukan tak mungkin kalau kesehatan akan menurun dan terus menurun.

7. Kurangi Kafein

Hampir sama dengan garam dan gula, kafein punya dua mata pisau. Ada saatnya kita membutuhkan kafein, tapi ada juga kala di mana kita harus menghindari kafein. Dalam upaya hidup sehat, konsumsi kafein harus diatur dengan baik.

Menjaga tubuh tetap sehat bukan soal makanan saja. Makan saja tanpa dibarengi dengan gerak tubuh justru akan membuat proses pembakaran lemak tubuh bermasalah, dan memicu penimbunan lemak. Penimbunan ini adalah awal kemunculan berbagai penyakit, di antaranya diabetes.

8. Olahraga Rutin

Rajin melakukan olahraga dan aktivitas fisik adalah rahasia untuk menjaga kesehatan tubuh. Otot dan tulang yang ada di tubuh perlu dilatih agar kuat menjaga dan menompang tubuh. Dengan kondisi otot dan tulang yang kuat, aktivitas seberat apapun bisa dilalui.

9. Istirahat yang Cukup

Hal yang tak kalah penting ialah istirahat. Tubuh yang terus digunakan untuk berbagai aktivitas tanpa rehat, justru akan menurunkan kinerja organ dalam dan tubuh secara keseluruhan. Penting untuk mengatur waktu, kapan untuk beraktivitas dan kapan untuk beristirahat.

10. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Tanpa disadari, lingkungan sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Lingkungan yang dipenuhi sampah, kotoran dan debu, adalah surga bagi berbagai bakteri dan virus. Keberadaan bakteri dan virus jika dibiarkan, akan mengganggu kinerja tubuh, sehingga membuat tubuh mudah sakit.

Baca Juga : Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat

11. Menjaga Kebersihan Tubuh

Selain lingkungan, kebersihan tubuh sendiri sangat penting. Akan percuma kalau hanya konsumsi dan aktivitas fisik saja yang diperhatikan, tanpa menjaga kebersihan diri sendiri. Tubuh yang kotor akan mudah dihinggapi berbagai penyakit, jadi jangan lupa untuk mandi dan mencuci tangan ya, Sahabat Dream.

12. Membiasakan Diri dan Konsisten

Cara hidup sehat yang terakhir ialah konsisten. Kesebelas cara hidup sehat di atas, akan percuma kalau hanya dilakukan sekali-dua kali saja tanpa konsistensi dan rutinitas yang menyertai. Apabila cara-cara tersebut sudah menjadi kebiasaan, makan akan semakin mudah mengontrol tubuh untuk tetap sehat.

Nah itulah Cara Hidup Sehat, Mudah Diterapkan dan Efektif Jaga Kesehatan. Semoga bermanfaat